Kamis, 06 Oktober 2011

sejarah program cobol

COBOL (singkatan dari Common Business Oriented Language) adalah sebuah bahasa pemrograman generasi ketiga. Sesuai dengan namanya, maka bahasa COBOL mempunyai fungsi menyelesaikan masalah-masalah yang berhubungan dengan perdagangan, seperti sistem pengelolaan keuangan, laporan pengeluaran sebuah perusahaan dan lain-lain.

Sejarah dan spesifikasi
   Spesifikasi COBOL diciptakan oleh Grace Hopper pada paruh kedua tahun 1959. dan ditetapkan pada tanggal 8 April 1959 di sebuah pertemuan produsen komputer, pengguna, dan orang-orang universitas di University of Pennsylvania Komputasi Pusat. Amerika Serikat Departemen Pertahanan kemudian setuju untuk mensponsori dan mengawasi kegiatan berikutnya. Pertemuan dipimpin oleh Charles A. Phillips diadakan di Pentagon pada tanggal 28 Mei dan 29 tahun 1959 (tepat satu tahun setelah pertemuan ALGOL Zürich 58),dan diputuskan untuk membentuk tiga komite: jangkauan pendek, menengah dan panjang (yang terakhir tidak pernah benar-benar terbentuk).Komite Pendek Range, dipimpin oleh Joseph Wegstein dari US National Bureau of Standar, bahwa selama bulan-bulan berikutnya menciptakan gambaran dari versi pertama dari COBOL. Komite ini dibentuk untuk merekomendasikan pendekatan jangka pendek untuk umum bahasa bisnis. Komite ini terdiri dari anggota mewakili produsen komputer enam dan tiga instansi pemerintah. Keenam produsen komputer itu Burroughs Corporation, IBM, Minneapolis-Honeywell (Honeywell Labs), RCA, Sperry Rand, dan Sylvania Produk Electric. Ketiga instansi pemerintah adalah US Air Force, David Taylor Model Basin, dan Biro Standar Nasional (sekarang Institut Nasional Standarisasi dan Teknologi). Komite jarak menengah dibentuk namun tidak pernah menjadi operasional. Pada akhirnya sebuah sub-komite dari Komite Range Pendek mengembangkan spesifikasi bahasa COBOL. 
Sub-komite itu terdiri dari enam individu:
* William Selden dan Tierney Gertrude IBM
* Howard Bromberg dan Diskon Howard RCA
* Vernon Reeves dan Jean Sammet E. Sylvania Produk Electric
   subkomite ini menyelesaikan spesifikasi untuk COBOL pada bulan Desember 1959. Spesifikasi itu untuk sebagian besar terinspirasi oleh bahasa ARUS-Matic ditemukan oleh Grace Hopper – biasanya disebut sebagai “ibu dari bahasa COBOL” – bahasa IBM COMTRAN diciptakan oleh Bob Bemer, dan bahasa FAKTA dari Honeywell.

Keputusan untuk menggunakan nama “COBOL” dibuat pada pertemuan komite diselenggarakan pada tanggal 18 September 1959.
Kompiler COBOL pertama untuk kemudian diterapkan pada tahun 1960 dan pada tanggal 6 dan 7 Desember dasarnya sama COBOL program yang sudah dijalankan pada dua membuat berbeda dari komputer, sebuah komputer RCA dan Remington-Rand komputer Univac, menunjukkan kompatibilitas yang dapat dicapai.

ANS COBOL 1968
Setelah menjalani 1959 COBOL beberapa modifikasi dan perbaikan. Dalam upaya untuk mengatasi masalah ketidakcocokan antara berbagai versi COBOL, American National Standards Institute (ANSI) mengembangkan sebuah bentuk standar bahasa pada tahun 1968. Versi ini dikenal sebagai Standar Nasional Amerika (ANS) COBOL.

COBOL 1974
Pada tahun 1974, ANSI menerbitkan versi revisi (ANS) COBOL, berisi sejumlah fitur yang tidak ada di versi 1968.

COBOL 1985
Pada tahun 1985, ANSI diterbitkan masih versi lain revisi fitur baru yang tidak dalam standar 1974, terutama bahasa terstruktur membangun (“terminator lingkup”), termasuk END-IF, END-PERFORM, END-READ, dll

COBOL 2002 dan berorientasi obyek COBOL
Bahasa terus berkembang. Pada awal 1990 diputuskan untuk menambahkan objek-orientasi dalam revisi penuh berikutnya COBOL. Estimasi awal adalah untuk memiliki revisi selesai pada tahun 1997 dan CD ISO (Komite Draft) yang tersedia pada tahun 1997. Beberapa pelaksana (termasuk Micro Focus, Fujitsu, dan IBM) memperkenalkan sintaks berorientasi obyek berdasarkan konsep 1997 atau lain dari revisi penuh. Final disetujui Standar ISO (diadopsi sebagai standar ANSI by INCITS) disetujui dan tersedia pada tahun 2002.

Seperti bahasa pemrograman C + +, Java, object-oriented COBOL compiler yang tersedia bahkan sebagai bahasa bergerak ke arah standardisasi. Fujitsu dan Mikro Fokus saat ini dukungan berorientasi obyek kompiler COBOL kerangka penargetan. NET. [4]

2002 (revisi ke-4) dari COBOL termasuk banyak fitur lainnya di luar objek-orientasi. Ini termasuk (namun tidak terbatas pada):
* Dukungan Bahasa Nasional (termasuk namun tidak terbatas pada dukungan Unicode)
* Lokal pengolahan berbasis
* User-didefinisikan fungsi
* CALL (dan fungsi) prototip (untuk memeriksa parameter saat kompilasi)
* Pointer dan sintaks untuk mendapatkan dan membebaskan penyimpanan
* Memanggil konvensi ke dan dari bahasa non-COBOL seperti C
* Dukungan untuk eksekusi dalam kerangka lingkungan seperti Microsoft NET dan. Jawa (termasuk COBOL yang dipakai sebagai Enterprise JavaBeans)
* Bit dan dukungan Boolean
* “Benar” dukungan biner (sampai dengan perangkat tambahan ini, item biner yang dipotong berdasarkan (spesifikasi basis-10) dalam Divisi Data)
* Dukungan Floating-point
* Standar (atau portabel) hasil aritmatika
* Generasi dan parsing XML

Sejarah standar COBOL

Spesifikasi disetujui oleh Komite Range Pendek penuh telah disetujui oleh Komite Eksekutif pada tanggal 3 Januari 1960, dan dikirim ke kantor percetakan pemerintah, yang diedit dan dicetak spesifikasi ini sebagai Cobol 60.

American National Standards Institute (ANSI) yang dihasilkan beberapa revisi standar COBOL, termasuk:

* COBOL-68
* COBOL-74
* COBOL-85
* Intrinsik Perubahan Fungsi – 1989
* Koreksi Perubahan – 1991

Setelah Perubahan tahun 1985 ANSI Standar (yang telah diadopsi oleh ISO), pengembangan utama dan kepemilikan diambil alih oleh ISO. Edisi berikut dan TRS (Laporan Teknis) telah diterbitkan oleh ISO (dan diadopsi sebagai ANSI) Standar:

* 2002 COBOL
* Laporan Teknis Finalizer – 2003
* Native XML sintaks Laporan Teknis – 2006
* Berorientasi Objek Koleksi Class Library – menunggu persetujuan akhir …

Struktur pada bahasa COBOL

Struktur pada COBOL terdiri dari 4 Divisi :

1. IDENTICATION DIVISION
Identification division berfungsi untuk mengidentifikasi dan mendokumentasikan program. Identification division terdiri dari division header dan paragraph header.Misalnya : Program-ID, Author, Instalasion, Data-Written, Data-Compiled, Security, Remaks.
2. ENVIRONMENT DIVISION
Environment Division menggambarkan karakteristik fisik dari peralatan input-output yang digunakan oleh program, dan aspek pengolahan yang tergantung pada peralatan terebut. Divisi ini memiliki 2 Section yaitu : Configuration Section dan Input Output Section.
3. DATA DIVISON
Data Division Divisi ini berguna untuk mendeskripsikan variable-variabel dan jenis tipe data yang digunakan dalam program cobol, Divisi ini memiliki 5 Section yaitu File Section, Working Storage-Section, Screen Section, Linkage Section dan Report Section.
4. PROCEDURE DIVISON
Procedure Division merupakan inti dari program cobol karena di divisi inilah semua intruksi ditulis. Misal : DISPLAY, ACCEPT dan STOP RUN.
cara penulisan di cobol :
Kolom 1-6 : digunakan untuk line number (optional) ditulis dari kecil ke
besar.
Kolom 7: digunakan untuk melanjutkan baris sebelumnya dengan
 menambahkan tanda (-) dan baris sambungannya ditulis diarea B.
Bila diisi (*) maka yang ditulis pada baris ini dianggap
komentar.
                                               Kolom 8-11 : disebut dengan area A. untuk menulis divisi, section, nama paragraph, judul file description (FD), level number 01 dan level number 77.
Kolom 12-72 : disebut area B. untuk menulis elemen program selain yang
ditulis di area A.
Kolom 73-80 : kolom ini tidak akan diproses oleh program jadi data diisi
catatan atau curahan hati untuk dokumentasi.
sumber :
http://awalmuasal.blogspot.com/2011/07/sejarah-bahasa-pemrograman-cobol.html
http://iilhaam.blogspot.com/2011/04/struktur-pada-bahasa-cobol.html
http://www.scribd.com/doc/22014064/Cobol-PTA09-10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar