Rabu, 06 November 2013

Pengantar Telematika




RIZKI WULAN R
16110151
4KA28

1.PERKEMBANGAN TELEMATIKA

Teknologi telematika merupakan singkatan dari teknologi komunikasi, media, dan informatika.Dalam perkembangannya, teknologi telematika ini telah menggunakan kecepatan dan jangkauan transmisi energi elektromagnetik, sehingga sejumlah besar informasi dapat ditransmisikan dengan jangkauan, menurut keperluan, sampai seluruh dunia. Pada saat ini informasi sudah banyak berkembang sedemikian rupa, hanya saja harus adanya dukungan teknologi. Teknologi telematikalah yang telah berkembang sehingga mampu menyampaikan suatu informasi.

Pengertian Telematika sendiri lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan penggunaan komputer dalam sistem telekomunikasi.Yang termasukelematika ini adalah layanan dial up ke Internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika.
2. PERANAN TELEMATIKA DI BIDANG PENDIDIKAN
·         E – learning
Sebagai pengganti seorang guru dalam mengisi materi pembelajaran menggunakan aplikasi khusus yang didalam nya terdapat materi – materi pelajaran tertentu
·         E – mail ( Electronik Mail)
Sebagai alat komunikasi yang menggunakan internet yang berfungsi untuk memberikan informasi dari murid ke guru, lalu ke pihak sekolah atau orang tua, atau juga dari mahasiswa kepada dosen
·         E – Book
Sebagai pengganti buku bagi murid atau mahasiswa, dimana e – book merupakan bentuk softcopy dari sebuah buku / modul materi tertentu, dimana akan lebih praktis menggunakan e – book dibandingkan dengan buku biasa.
·           E-Library
e-library singkatan dari electronic library merupakan perpustakaan yang sebagian besar bentuk bukunya adalah dalam bentuk format digital dan hanya dapat di akses melalui komputer. Perpustakaan ini dalam bentuk virtual dapat menyimpan semua e-book dan kita dapat mengunduhnya secara gratis.
·      
3.DAMPAK PERKEMBANGAN TELEMATIKA
Positif :
Manfaat telematika bagi masyarakat antara lain; dunia pendidikan, asosiasi, para pengamat, industri itu sendiri,
a. Manfaat internet dalam e Business secara nyata dapat menekan biaya transaksi daam berbisnis dan
memberikan kemudahan dalam diversifikasi kebutuhan.
b. Manfaat internet dalam e Goverment bisa meningkatkan kinerja pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
c. Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce (e-commerce).
d. Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea, Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.

negatif:

a. Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk keuntungan pribadi.
b. Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si penipu.
c. Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan orang, narkotika, atau teroris internasional.
d. Kejahatan telematika merugikan individu,missal Lima orang hacker (penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup pada sistem komputer beberapa internet retailer.


4. Mengatasi Dampak Negatif dari Perkembangan Telematika
  • Menciptakan security komputer yang dapat mengurangi kebocoran informasi diri.
  • Gunakan teknologi sesuai kebutuhan
  • Membuat batasan dalam penggunaan internet
  • Jauhi diri dengan situs-situs yang tidak berhubungan dengan teknologi
  • Jadikan media teknologi menjadi wadah yang positif dalam berkegiatan.
sumber :

http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/11/pengantar-telematika-25/

http://dgk.or.id/archives/2006/03/03/asal-mula-kata-telematika/

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar