Senin, 05 Maret 2012

PENDAPATAN NASIONAL 3

·     Menentukan harga barang-barang
Harga barang di satu wilayah berbeda dengan harga barang di wilayah lain,dan dalam jangka waktu satu tahun harga barang dapat berubah. Keadaan seperti ini menimbulkan kesulitan untuk menentukan harga dalam sumbangan perusahaan kepada pendapatan nasional.sebagai contoh walaupun dengan mudah dapat di hitung jumlah produksi karet dan kelapa sawit,tetapi sukar untuk menentukan nilai produksi karet dan kelapa sawit dalam pendapatan nasional karena harga barang dapat berubah.

·     Investasi bruto dan investasi netto
Investasi bruto adalah seluruh barang modal yang dipakai selama satu periode,walaupun sebagaian dari barang tersebut adalah peganti barang modal lama.Untuk menghitung investasi netto adalah investasi bruto di kurang penyusutan.Artinya harga pada barang modal baru di kurangi cadangan pada barang modal yang sering dipakai.

·     Masalah kenaikan harga dan perubahan kualitas
Data pendapatan nasional bukan di gunakan untuk melihat nilai produksi dalam tahun tertentu saja tetapi juga perubahan dari tahun ke tahun. Perubahan teknologi yang lebih baik akan meningkatkan mutu barang.Dalam masalah ini digunakan index harga untuk memberikan gambaran perubahan harga dari tahun ke tahun.

sumber : buku ekonomi jilid ll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar