Senin, 05 Maret 2012

PENDAPATAN NASIONAL 5

·     Memberi informasi mengenai struktur kegiatan ekonomi
Data pendapatan nasional yang di hitung dengan cara produk netto memberi gambaran tentang peranan berbagai sektor perekonomina.Apabila data untuk berbagai tahun di bandingkan ,dapat di peroleh gambaran mengenai perubahan kegiatan ekonomi dalam Negara tersebut.

·     Memberi gambaran mengenai taraf kemakmuran
Pendapatan per kapita penduduk berbagai Negara di gunakan sebagai ukuran kasar untuk menentukan tingkat kemakmuran penduduknya. Dalam jangka panjang,apabila data pendapatan per kapita menurun dan harga tetap di bandingkan,dapat pula diperoleh gambaran tentang peningkatan taraf kemakmuran yang di capai penduduk dalam suatu Negara.

·     Data asas untuk membuat ramalan dan perencanaan
Data kegiatan ekonomi dapat di gunakan untuk landasan membuat ramalan mengenai keadaan ekonomi di masa datang. Data tersebut juga digunakan pemerintah untuk merumuskan perencanaan ekonomi seperti meramalkan tingkat pertumbuhan ekonomi,membuat ramalan mengenai pertambahan kesempatan kerja yang akan berlaku.

Data pendapatan nasional dapat digunakan untuk menggolongkan suatu negara menjadi negara industri, pertanian atau negara jasa. Contohnya, berdasarkan pehitungan pendapatan nasional dapat diketahui bahwa Indonesia termasuk negara pertanian atau agraris, Jepang merupakan negara industri, Singapura termasuk negara yang unggul di sektor jasa, dan sebagainya.

 sumber : buku ekonomi jilid ll

Tidak ada komentar:

Posting Komentar