Kamis, 26 Mei 2011

keindahan


Keindahan

A.Pengertian keindahan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.Sehingga menimbulkan efek yang positif bagi yang melihat ataupun merasakannya.

Keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, elok, molek dan sebagainya.Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, (meskipun tidak semua hasil seni indahl, pemandangari alam (pantai, pegunungan, danau, bunga-bunga di lereng gunung), manusia (wajah, mata, bibir, hidung, rambut, kaki, tubuh), rumah ( perabot rumah tangga dan sebagainya), suara, warna dan sebagainya. Keindahan adalah identik dengan kebenaran.

            Keindahan adalah identik dengan kebenaran.keduanya mempunyai nilai yang sama yaitu abadi,dan mempunyai daya tarik yang selalu bertambah.keindahan juga bersifat universal,artinya tidak terikat dengan selera perseorangan,waktu dan tempat,selera mode,kedaerahan atau local.

B. keindahan sebagai suatu kualitas yang ada pada sebuah benda

keindahan sebagai sebuah benda tertentu yang indah adalah keindahan yang memiliki konsep pemahaman dan nilai yang berbeda dengan kualitas abstrak di mana benda yang dimaksud dalam hal ini adalah sesuatu yang mewakili keindahan secara umum dan dapat dengan mudah diterima maupun dipahami oleh masyarakat.

jadi,keindahan pada dasarnya adalah kwalita pokok tertentu pada suatu.hal.kwalita yang palig sering disebut adalah, kesatuan(unity), keselarasan(harmony), kesinambungan(symmetry),keseimbangan(balance), dan perlawanan (contras)

sumber :
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2009/11/bab-5-keindahan/

http://gerryghost.wordpress.com/2011/03/15/manusia-dan-keindahan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar