Selasa, 10 Mei 2011

seni musik dan seni rupa

Pengertian seni

      Kata “seni” adalah sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni berasal dari kata “SANI” yang kurang lebih artinya “Jiwa Yang Luhur/ Ketulusan jiwa”. Mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang/ seniaman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan “ART” (artivisial) yang artinya kurang lebih adalah barang/ atau karya dari sebuah kegiatan.
     Seni di bagi secara global menjadi 5 macam yaitu :
  • Seni musik : irama yang mrngandung ungkapan perasaan seseorang.baik itu sedih,senang,gembira,kasmaran,dll.
    Musik adalah bunyi yang diterima oleh individu dan berbeda-beda berdasarkan sejarah, lokasi, budaya dan selera seseorang. Definisi sejati tentang musik juga bermacam-macam:
Bunyi/kesan terhadap sesuatu yang ditangkap oleh indera pendengar
Suatu karya seni dengan segenap unsur pokok dan pendukungnya.
Segala bunyi yang dihasilkan secara sengaja oleh seseorang atau kumpulan dan disajikan sebagai musik
   Beberapa orang menganggap musik tidak berwujud sama sekali.
Musik menurut Aristoteles adalah sesuatu yang mempunyai kemampuan mendamaikan hati yang gundah, mempunyai terapi rekreatif dan menumbuhkan jiwa patriotisme.
  •    Seni rupa adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. Kesan ini diciptakan dengan mengolah konsep garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.
    Seni rupa dibedakan ke dalam tiga kategori, yaitu seni rupa murni, kriya, dan desain. Seni rupa murni mengacu kepada karya-karya yang hanya untuk tujuan pemuasan eksresi pribadi, sementara kriya dan desain lebih menitikberatkan fungsi dan kemudahan produksi.
    Secara kasar terjemahan seni rupa di dalam Bahasa Inggris adalah fine art. Namun sesuai perkembangan dunia seni modern, istilah fine art menjadi lebih spesifik .
Sebelum seperti sekarang ini seni rupa melewati beberapa tahap yaitu :
Seni rupa prasejarah
~paleolithikum
~mesolithikum
~neolithikum
Seni rupa transisional
~seni rupa Kristen awal
~seni rupa byizantinium
Seni rupa kuno
~mesir
~mesophotamia
~yunani

      kritik : seni rupa dan seni musik saling berkaitan karena dalam drama pasti ada lagu sebagai pendamping,dalam drama harus lebih menonjolkan cerita inti dan tidak menapilkan hal-hal yang tidak layak untuk di tampilkan
     saran : sebaikanya dalam pentas drama cerita yang di angkat adalah cerita nyata dan harus seringan mungkin agar para penonton lebih mengerti cerita yang di pentaskan,dan musik sebagai pendamping haruslah sesuai dengan cerita

sumber : www.wikipedia.org
               google

3 komentar:

  1. Karena seni semuanya jadi indah..
    :D

    BalasHapus
  2. ggood. kalau bisa lebih ditingkatkan lagi yach :)

    BalasHapus