Grafik Komp. & Pengolahan Citra OpenGL
Pada tugas kali ini saya akan menjelaskan
bagaimana cara menginstall Open GL,sebelum masuk ke cara penginstallan saya
akan terlebih dahulu menjelaskan apa itu Open GL.
Open
GL adalah appication programming interface(API) yang tidak tergantung pada
piranti atau platform yang di gunakan,sehingga Open GL dapat di gunakan pada OS
windows,UNIX dll.Open GL berguna untuk membuat grafik seperti titik,garis, dan
lingkaran. Open GL juga berfungsi untuk mendefinisikan suatu objek baik 2D
maupun 3D.
Pertama yang harus yang dilakukan adalah :
1.
Install Dev C++
klik application devc++,lalu selanjutnya ikuti langkah pada gambar
setelah di install pada menubar klik tools pilih package manager untuk menginstall glut nya
Jika sudah diinstall kita akan
mencoba satu program yaitu membuat garis (vertikal)
Pertama tulis coding seperti di
bawah ini.
A.
VERTIKAL
Kodingnya seperti ini :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix();
Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0); untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1); //
untuk menentukan warna
garis/titik
glBegin(GL_LINES);
untuk
menggambar garis dari titik awal yang
digunakan
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f); untuk menentukan titik awal yang digunakan
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
untuk menentukan warna yang digunakan
(yaitu putih)
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);
untuk menentukan titik
akhir yang digunakan
glEnd();
untuk mengakhiri
gambar garis dititik akhir
glPopMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar
SwapBuffers (hDC);
digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar
Sleep (1);
Lalu compile & run program dengan
menekan tombol F9 , dan akan keluar
gambar yang meminta program untuk di save, save file dan beri nama
lalu jalankan dengan menekan tombol F9. jika tidak terdapat error makan program
langsung berjalan dan menghasilkan output :
B.
HORIZONTAL
Yang di dalam kotak hitam adalah koding untuk
memrubah warna menjadi warna biru,jika kurang jelas seperti ini kodingnya :
Glcolor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f) menentukan warna garis
Glcolor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f)
outpunya seperti ini :
dan jika kodingnya di hilangkan akan menjadi seperti ini :
C.
DIAGONAL
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix();
Membuat baris kode
menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
glClearColor (1,1,1,0);
glClearColor (1,1,1,0);
untuk memberikan warna pada garis atau titik
glColor3f (1,1,1);//
glColor3f (1,1,1);//
untuk menentukan warna pada garis atau titik
glBegin (GL_LINES);
glBegin (GL_LINES);
untuk menggambar garis yang ingin digunakan
glVertex3f(0.0f,0.0f,-0.8f);
glVertex3f(0.0f,0.0f,-0.8f);
menentukan titik awal garis.
glVertex3f(9.9f,9.9f,0.1f);
glVertex3f(9.9f,9.9f,0.1f);
menentukan titik akhir garis.
glEnd ();
glEnd ();
untuk mengakhiri garis di titik akhir
glPopMatrix ();
membuat baris kode menjadi tidak berlaku di luar
SwapBuffers (hDC);
glPopMatrix ();
membuat baris kode menjadi tidak berlaku di luar
SwapBuffers (hDC);
mengganti bagian belakang buffer menjadi buffer layar
outputnya seperti ini :
Sebenernya koding dari 3
program ini hampir sama hanya titik akhir yang berbeda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar