Minggu, 28 Oktober 2012

TUGAS OPENGL



Grafik Komp. & Pengolahan Citra OpenGL

Pada  tugas kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall Open GL,sebelum masuk ke cara penginstallan saya akan terlebih dahulu menjelaskan apa itu Open GL.
Open GL adalah appication programming interface(API) yang tidak tergantung pada piranti atau platform yang di gunakan,sehingga Open GL dapat di gunakan pada OS windows,UNIX dll.Open GL berguna untuk membuat grafik seperti titik,garis, dan lingkaran. Open GL juga berfungsi untuk mendefinisikan suatu objek baik 2D maupun 3D.
Pertama yang harus yang dilakukan adalah :
1.       Install Dev C++ 
 
klik application devc++,lalu selanjutnya ikuti langkah pada gambar




setelah di install pada menubar klik tools pilih package manager untuk menginstall glut nya



Jika sudah diinstall kita akan mencoba satu program yaitu membuat garis (vertikal)
Pertama tulis coding seperti di bawah ini.
A.       VERTIKAL
Kodingnya seperti ini :
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
 untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam
glPushMatrix();           Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
glClearColor(1,1,1,0);  untuk menentukan warna garis/titik
glColor3f(1,1,1); //      untuk menentukan warna garis/titik

glBegin(GL_LINES);               untuk menggambar garis dari titik awal  yang digunakan 
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);   untuk menentukan titik awal yang digunakan 
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);       untuk menentukan warna yang digunakan (yaitu putih) 
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);     untuk menentukan titik akhir yang digunakan 

glEnd();             untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir 
glPopMatrix(); Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

SwapBuffers (hDC);
digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar

Sleep (1);
     Lalu compile & run program dengan menekan tombol F9 , dan akan keluar gambar yang  meminta program untuk di save, save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan menghasilkan output :

B.       HORIZONTAL
Yang di dalam kotak hitam adalah koding untuk memrubah warna menjadi warna biru,jika kurang jelas seperti ini kodingnya :
Glcolor3f (0.0f, 0.0f, 1.0f) menentukan warna garis
Glcolor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f)
        outpunya seperti ini :
 
       dan jika kodingnya di hilangkan akan menjadi seperti ini :
      
C.       DIAGONAL
            glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA 
            glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam 
            glPushMatrix();
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar
            glClearColor (1,1,1,0); 
untuk memberikan warna pada garis atau titik
            glColor3f (1,1,1);//
untuk menentukan warna pada garis atau titik
            glBegin (GL_LINES);
untuk menggambar garis yang ingin digunakan
            glVertex3f(0.0f,0.0f,-0.8f);
menentukan titik awal garis.
            glVertex3f(9.9f,9.9f,0.1f);
menentukan titik akhir garis.
            glEnd ();
untuk mengakhiri garis di titik akhir
            glPopMatrix ();
membuat baris kode menjadi tidak berlaku di luar
            SwapBuffers (hDC);
mengganti bagian belakang buffer menjadi buffer layar
 
outputnya seperti ini :
 
Sebenernya koding dari 3 program ini hampir sama hanya titik akhir yang berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar